Hubungi kami:


(0285) 423223

(0285) 423223-303

Kemenristek Dorong Pembentukan Sub Forum Bidang Fokus Energi dan Air di Jawa Barat

23-09-2015 08:17:05

Dalam upaya mendorong terwujudnya pembentukan forum / sub forum bidang food, energy dan water ( FEW) dan dalam rangka menumbuhkembangkan inovasi daerah di Jawa Barat sesuai dengan arah kebijakan iptek untuk meningkatkan kemandirian bangsa, Asisten Deputi Jaringan Penyedia, Deputi Bidang Jaringan Iptek, menyelenggarakan diskusi “Brainstorming dan Pemberdayaan Forum Jaringan Peneliti serta Pembentukan Sub Forum Bidang Fokus Food, Energy & Water di Wilayah Jawa Barat ”  pada tanggal 29 Agustus  2014 di Ruang Rapat LPPM Unpad Jatinangor, Jawa Barat.

Diskusi yang diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Riset dan Teknologi dengan Forum Jaringan Penelitian Provinsi Jawa Barat bertujuan untuk memotret permasalahan dan kompetensi kelompok kerja di bidang teknologi energi  dan teknologi air  pada forum jaringan peneliti di Jawa Barat. Diskusi ini menjadi hal yang sangat penting untuk dilaksanakan karena diharapkan akan dapat dibentuk sebuah forum baru di bidang fokus energy maupun air. Pada prinsipnya, forum jaringan penelitian Jawa Barat telah mempersiapkan sebuah sub forum baru dan telah menyampaikan proposal pembentukan sub forum tersebut.  

Sesi panel diawali paparan Edi Mulyono, Kabid Pemberdayaan Asdep Jaringan Penyedia. Beliau menyampaikan tentang “ Peran Kementerian Riset dan Teknologi dalam Mendukung Pembentukan Forum Jaringan Litbang dan Konsorsium “ diperlukannya sebuah sinergi beberapa lembaga litbang dalam melakukan penelitian dan pengembangan pada suatu bidang fokus tertentu dengan melibatkan sektor produksi, serta perlunya optimalisasi potensi sumberdaya iptek yang tersedia untuk mendorong agar kegiatan – kegiatan litbang unggulan menjadi unggulan yang bersifat nasional. Disampaikan pula bahwa tujuan pembentukan forum jaringan penelitian dan pengembangan adalah untuk membangun jaringan kerjasama antara industri, lembaga penelitian dan perguruan tinggi agar dapat secara bersama–sama membentuk kemampuan mengembangkan teknologi produk dan proses produksi.

Paparan kedua dilanjutkan oleh I Made Joni sebagai salah satu peneliti di forum jaringan penelitian Jawa Barat yang fokus pada bidang energi, beliau menyampaikan paparan tentang “Rumah Mandiri Energi“. Beliau menjelaskan tentang klaster dan roadmap penelitian bidang energi yang disertai mekanisme alih teknologi hasil penelitian, latar belakang, benchmarking, roadmap, fasilitas dan kerjasama yang telah dibina oleh masing-masing klaster.

Presentasi kemudian dilanjutkan oleh Teuku Yani W.M. Iskandar sebagai peneliti dari Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran dengan paparan “Hidrogeologi“ beliau menyampaikan tentang peranan penting konservasi air dalam suatu wilayah dan pemanfaatan air curah hujan sebagai air bersih rumah tangga. Dan paparan terakhir disampaikan oleh Sri Bandiati sebagai Ketua Konsorsium Domba Padjadjaran, beliau menyampaikan success story Konsorsium Domba Padjadjaran dan lika-liku proses pembentukan sebuah konsorsium serta manfaat yang didapatnya.     

Sesi selanjutnya adalah sesi diskusi, pada kesempatan tersebut dikemukakan beberapa isu menarik, tetapi semuanya mengerucut pada pentingnya pembentukan sebuah konsorsium pada bidang fokus energi dan air.

Peserta diskusi yang terdiri dari perwakilan dari lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi, Forjarlit Jabar, Universitas Telkom, Universitas Padjadjaran, Universitas Islam Bandung, Institut Teknologi Nasional, Universitas Jendral Achmad Yani, Universitas Swadaya Gunung Jati, Universitas Islam Nusantara, dan beberapa universitas lain di Jawa Barat. Peserta sangat antusias menyampaikan gagasan-gagasannya terkait pembentukan sub forum energi dan air. (ad1/dep3-ristek.go.id)